Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan


Menjelang bulan ramadhan 1444 H, sebagai umat Islam tentu sebaiknya mempersiapkan diri memasuki bulan suci ramadhan di tahun 2023 ini. Salah satunya dengan memperbanyak membaca referensi tentang bulan suci yang penuh rahmah dan berkah dari Allah SWT.

Salah satu buku yang menarik adalah buku yang ditulis Muhammad Abduh Tuasikal berjudul Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul  Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan.

Berdasarkan judul buku ini, penulis memaparkan berbagai fakta-fakta dan data terkait bulan Ramadhan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW selama bulan suci Ramadhan. Dengan begitu, tentunya kita akan jauh lebih mengenal seperti apa sesungguhnya yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam bulan Ramadhan.  

Menurut penuturan penulis dalam pengantar bukunya, buku ini sebenarnya merupakan versi ringkas dari buku Panduan Ramadhan yang pernah ditulisnya. 

Dalam buku ini berisi tentang Keutamaan Bulan Ramadhan, Keutamaan Puasa, Hukum Puasa Ramadhan, Menentukan Awal Ramadhan, Syarat Wajib Puasa, Yang Mendapatkan Keringanan untuk Tidak Berpuasa, Rukun Puasa, Pembatal-Pembatal Puasa, Yang Dibolehkan ketika Puasa, Sunnah-Sunnah Puasa, Jangan Biarkan Puasa Kita Sia-Sia, Qadha’ Puasa dan Fidyah, Panduan Shalat Tarawih, Lailatul Qadar, Panduan I’tikaf Ramadhan, dan Tuntunan Dzikir pada Bulan Ramadhan. 

Dalam bab awal buku ini, penulis memulai pembahasannya tentang Keutamaan Bulan Ramadhan. Menurut penulis, paling tidak ada empat keutamaan bulan suci Ramadhan yang harus benar-benar dipahami oleh umat Islam yakni:  

1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran.

Terkait ini hal ini, penulis menguitip  Surat Al-Baqarah 185: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu berada (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan tersebut maka hendaklah ia berpuasa saat itu.” (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba.

Penulis pengutip dari Abu Hurairah r.a (HR. Bukhari, no. 3277 dan Muslim, no. 1079), bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 1-3)

”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhan: 3). Yang dimaksud malam yang diberkahi adalah malam Lailatul Qadar (Tafsir Ath-Thabari, 21:6.)

4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda:

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan apabila setiap muslim memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”

HR. Al-Bazaar. Al-Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10:149 mengatakan bahwa perawinya tsiqah (terpercaya). Hal ini juga bisa dilihat Jami’ul Ahadits, 9:224. 

Selain buku Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarawih, Lailatul  Qadar, I’tikaf, dan Dzikir Ramadhan ini, beberapa buku lainnya sedapat mungkin dapat menjadi acuan atau penambah ilmu pengetahuan kita sebagai umat Islam tentang bulan Ramadhan dengan segala manfaat yang terdapat di dalamnya.   

Buku ini berisi 16 Bab yang disetiap babnya mengurai cukup lengkap berbagai pokok-pokok bahasan sesuai dengan bab yang ada. 

Kendati menurut penulis, buku ini merupakan ringkasan dari buku Panduan Ramadhan yang pernah ditulisnya, akan tetapi buku ini sudah sangat layak untuk dibaca. Paling tidak menjadi referensi yang baik, utamanya bagi yang masih belum begitu mendalami tentang bulan suci Ramadhan. 

Adapun judul bab-bab yang ada dalam buku ini yakni: 

  1. Keutamaan Bulan Ramadhan 
  2. Keutamaan Puasa 
  3. Hukum Puasa Ramadhan 
  4. Menentukan Awal Ramadhan 
  5. Syarat Wajib Puasa 
  6. Yang Mendapatkan Keringanan untuk Tidak Berpuasa 
  7. Rukun Puasa 
  8. Pembatal-Pembatal Puasa 
  9. Yang Dibolehkan ketika Puasa 
  10. Sunnah-Sunnah Puasa 
  11. Jangan Biarkan Puasa Kita Sia-Sia 
  12. Qadha’ Puasa dan Fidyah
  13. Panduan Shalat Tarawih 
  14. Lailatul Qadar
  15. Panduan I’tikaf Ramadhan 
  16. Tuntunan Dzikir pada Bulan Ramadhan (red)
Jika berkenan, Anda dapapat mendonload bukunya di SINI. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat dan menjadi pahala bagi kita.