Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Hokkaido University Jepang untuk S2, S3, dan Profesional

Hokkaido University Jepang kembali menawarkan beasiswa terbaru ditawarkan bagi calon mahasiswa internasional, termasuk Indonesia.

Bagi yang ingin melanjutkan studi jenjang master (S2), doktor (S3), dan gelar profesional dan ingin mendapatkan beasiswa Hokkaido University Jepang untuk masa studi yang dimulai Oktober 2023 dapat mengajukan permohonan pada Program beasiswa yang ditawarkan melalui skema Hokkaido University President’s Fellowship Hokkaido University ini.

Beasiswa Hokkaido University ini menyasar kandidat internasional yang memiliki catatan akademik yang sangat baik serta memiliki minat yang kuat pada Universitas Hokkaido dan kebudayaan Jepang.

Beasiswa yang ditawakan Hokkaido University ini mencakup tanggungan:

  • biaya pendaftaran kuliah,
  • biaya daftar ulang,
  • pembebasan biaya kuliah,
  • serta uang saku bulanan.

Nilai total beasiswa yang diberikan kepada masing-masing penerima untuk Program Gelar sebesar 2.300.000 Yen/tahun di tahun pertama, dan 1.800.000 Yen/tahun di tahun kedua dan seterusnya. Adapun uang saku bulanan diberikan sebesar 100.000 Yen/bulan

Untuk Program Riset, nilai beasiswa yang diberikan Hokkaido University sebesar 2.240.000 Yen/tahun di tahun pertama, dan 1.800.000 Yen/ di tahun kedua dan seterusnya. Mahasiswa yang mengambil program riset juga memperoleh uang saku bulanan sebesar 100.000 Yen/bulan.

Penerima beasiswa Hokkaido University juga akan mendapatkan dana lain selain biaya-biaya tersebut, yakni penggantian biaya perjalanan saat kedatangan ke Jepang dan ketika pulang ke negara masing-masing ketika studi berakhir.

Penerima beasiswa Hokkaido University memberikan durasi beasiswa hingga 2 tahun untuk gelar master, dan 2 - 3 tahun untuk gelar profesional (akuntansi, kebijakan publik, dan hukum). Adapun untuk gelar doktor diberikan durasi beasiswa selama 3 tahun, dan maksimum 4 tahun untuk doktor di bidang kedokteran, kedokteran hewan, penyakit menular, atau farmasi klinik.

Adapun bagi mahasiswa riset, sebelum mendaftar di salah satu program di atas durasi beasiswa maksimum 6 bulan.


Persyaratan:
1. Pelamar merupakan mahasiswa baru atau alumni universitas yang telah membuat Perjanjian Pertukaran Antar Universitas dan Nota Kesepahaman tentang Pertukaran Mahasiswa dengan Hokkaido University. Mahasiswa yang sudah terdaftar di Universitas Hokkaido tidak dapat mendaftar ke beasiswa ini. Pelamar harus mandiri, tanpa beasiswa atau beasiswa lain saat mendaftar di Hokkaido University.

2. Pelamar harus memiliki IPK yang berada di 25% teratas di kelas atau level yang setara di universitas asal (Pelamar yang memiliki tingkat IPK yang setara harus disertifikasi oleh Rektor universitas asal).

 

Universitas Mitra Perjanjian Pertukaran:

1.     Universitas Palangka Raya    

2.     Institut Pertanian Bogor

3.     Universitas Gadjah Mada    

4.     Institut Teknologi Bandung 

 

 Dokumen aplikasi:

1. Formulir aplikasi beasiswa (Unduh). Sebelum mengajukan aplikasi, pastikan untuk menghubungi langsung calon pembimbing Anda dan berkonsultasi dengan mereka mengenai topik dan rencana penelitian.

2. Surat persetujuan tertulis oleh calon pembimbing (Unduh)

3. Salinan ijazah dan transkrip nilai (S1 untuk Master) dan S1, S2 untuk Doktor

4. Surat rekomendasi dari pembimbing universitas asal

5. Pengumuman pencalonan resmi dari rektor universitas Anda kepada Rektor Hokkaido University

Pendaftaran:
Bagi pelamar yang berminat, Anda perlu menyiapkan dokumen aplikasi yang diminta di atas kemudian diajukan ke kampus masing-masing. Pelamar tidak mengajukan aplikasi beasiswa secara langsung ke Hokkaido University, tapi melalui proses pencalonan oleh universitas asal.

Nantinya, setiap Universitas yang berafiliasi memilih SATU kandidat, dan mengirimkan dokumen yang diperlukan ke Universitas Hokkaido selama periode pendaftaran.

Aplikasi pelamar yang telah diseleksi dikirim oleh universitas asal ke alamat:

Kita 17 Nishi8, Kita-ku, Sapporo, Hokkaido, 060-0817, Japan Academic Affairs Department Student Support Division

Attn: Fumie YAMASHITA (Ms.)

Email: scholarship@academic.hokudai.ac.jp

Pendaftaran beasiswa di Hokkaido University Jepang diajukan mulai 1 November 2022 s/d 6 Januari 2023.

 Kriteria Seleksi:

1. Kesesuaian bidang studi dan tema penelitian

2. Keunggulan prestasi akademik

3. Surat rekomendasi

4. Memiliki minat yang kuat di Hokkaido University


(Dalam proses seleksi, pihak universitas dapat meminta informasi lebih lanjut atau wawancara)

Setelah pelaksanaan seleksi, hasil proses seleksi akan diteruskan secara tertulis oleh Hokkaido University ke universitas yang berafiliasi.

Adapun kandidat yang terpilih mendapatkan beasiswa harus lulus ujian masuk dan menyelesaikan prosedur pendaftaran ke Hokkaido University.

Pemberian beasiswa akan dikonfirmasikan, setelah menyelesaikan prosedur tersebut.

Untuk penjelasan lebih lanjut Anda dapat mengunduh panduan beasiswa di laman Hokkaido University.


Kontak
Lebih Lanjut:
Hokkaido University
Kita 8, Nishi 5, Kita-ku,
Sapporo, Hokkaido,
060-0808 Japan
[t] +81-11-716-2111
[e] scholarship[at]academic.hokudai.ac.jp
[w] https://www.global.hokudai.ac.jp