Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Meraih Keuntungan dengan Emas - Jonathan Spall


How to Profit in Gold merupakan sebuah buku setebal 223 halaman yang dibangun dan diperluas menjadi sejumlah tema yang awalnya merupakan sebuah eksplorasi mendalam terhadap tema Investing in Gold, yang diterbitkan oleh McGraw-Hill pada Desember 2008. 

Buku yang ditulis Jonathan Spall ini menyajikan banyak ulasan, khususnya bagaimana bank melihat pasar emas dan bagaimana mereka beroperasi —begitu banyak pengakuan dan pandangan, tetapi modelnya persis sama. 

***

Di bab awal buku ini Jonathan Spall mengungkapkan bahwa pada tahun 1999 emas tidak memiliki teman. Setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $850 sekitar 19 tahun sebelumnya, harga malah merana di $250 dan tampaknya hampir pasti akan menembus lebih rendah. Memang, di dunia saat ini di mana klik lebih penting daripada batu bata, emas melambangkan segala sesuatu yang ternyata tidak dimiliki oleh banyak dot-com

Akan tetapi, emas memiliki rekam jejak yang panjang, secara fisik ada, dan jika jatuh di kaki Anda, itu pasti menyakitkan. Namun, ini tidak berarti apa-apa di mana semua pembicaraan adalah tentang derivatisasi dan produk yang sangat terstruktur.

Bahkan bank-bank sentral, yang mandatnya biasanya adalah menjaga kekayaan, telah memutuskan untuk meninggalkan unsur tradisional cadangan mereka demi aset yang menghasilkan keuntungan.

Pada tahun 1997 Australia menjual emas, dan dua tahun kemudian baik tanah Switzer maupun Inggris mengumumkan bahwa mereka juga akan secara drastis mengurangi persentase logam mulia yang disimpan dalam cadangan mereka. 

Keterkejutan dan kecemasan pasar bukan hanya karena tiga negara telah memutuskan untuk membatasi investasi emas mereka. Sebelumnya pasar telah mengalami penjualan dari Belgia, Belanda, Malaysia, Brasil, dan lainnya, tetapi ini adalah produsen emas terbesar ketiga (Australia), negara di mana tolok ukur emas ditetapkan dua kali setiap hari (Inggris Raya), dan rumah bagi perbankan konservatif dan kekayaan pribadi yang tersembunyi (Swiss). Logikanya adalah jika bank-bank sentral ini menjual cadangan emas mereka, maka jelas seluruh kepemilikan sektor resmi berisiko dilikuidasi.

Dengan latar belakang pesimisme ekstrem inilah 15 bank sentral mengumumkan Perjanjian Emas bank sentral Eropa pertama (EcbGA) pada September 1999. Persoalan ini dibahas secara mendalam di Bab 3 dalam buku ini. 

Kesepakatan ini mengkristalkan niat mereka untuk penjualan emas dan jadwal untuk meminimalkan gangguan pasar. Akhirnya pemerintah Inggris menjual 395 ton emas dengan rata-rata sekitar $275. Selain itu, perlu dicatat bahwa Inggris Raya berbeda dari negara lain karena pemerintah Inggris Raya memiliki cadangan negara daripada bank sentral, yang biasanya terjadi. Kecaman media atas penjualan ini pada posisi terendah hampir 30 tahun umumnya diletakkan dengan tegas di kaki chancellor of the exchequer (menteri keuangan), dan kemudian perdana menteri, Gordon Brown.

Tanggal 2 November 2009, Reserve Bank of India mengumumkan telah membeli 200 Ton emas dengan harga rata-rata sekitar $1.045 yang dengan jelas menunjukkan seberapa banyak kekayaan emas telah berubah selama periode 10 tahun. 

Memang, berita India membayar hampir empat kali lebih banyak per ons seperti yang dicapai Inggris dalam penjualannya, ditambah pembelian yang jauh lebih kecil dari Dana Moneter Internasional (IMF) oleh Sri Lanka (10 ton) dan Mauritius (2 ton), menunjukkan bahwa sifat perdebatan telah berubah dan bukan lagi tentang negara mana yang mungkin menjual emasnya, melainkan negara mana yang mungkin akan membeli. 

Cina dan Rusia adalah nama-nama yang umumnya diperbincangkan, tetapi Brasil dipandang sebagai kandidat lain yang potensial untuk membeli sisa 191, 3 ton yang ditawarkan oleh IMF. Persoalan ini dibahas dengan di bab-bab berikutnya.

***

Dalam pengantar bukunya Jonathan Spall percaya bahwa terlalu banyak buku tentang pasar emas berkonsentrasi pada teori dan beberapa  gagasan tentang bagaimana seharusnya beroperasi. Spall juga mengungkapkan bahwa sebenarnya dia bukan seorang akademisi dan tidak memiliki latar belakang penelitian. 

Pengetahuan Jonathan Spall  tentang bidang ini merupakan yang pertama kalinya, temasuk dalam menulis buku ini, tentang apa yang menarik bagi para pedagang, bagaimana pasar bekerja, dan apa yang difokuskan oleh para pedagang. Akan tetapi Spall telah memanfaatkan pengalaman yang diperolehnya saat bekerja di bidang perdagangan. 

Mengungkap pengalaman panjang Jonathan Spall, ia memulai karir penuh waktunya di pasar emas pada tahun 1983. Inilah yang telah ia lakukan selama masa kerjanya—berdagang dan berbicara dengan pelanggan tentang pasar logam mulia. Selama sekitar 27 tahun terakhir, Spall telah dipekerjakan oleh empat bank terbesar di dunia dan selalu memiliki posisi kuat di pasar emas.

Selama perjalanan karir, Spall telah tinggal dan bekerja di New York, London, Hong Kong, dan Sydney. Ia juga telah menjadi pembuat pasar antar bank di tiga benua, dan telah melakukan perjalanan ke sekitar 70 negara untuk bertemu dengan bank sentral dan kementerian keuangan untuk membahas prospek emas.

Jonathan Spall juga pernah duduk dengan berbagai perusahaan pertambangan untuk memperdebatkan strategi perlindung nilai dan melakukan perjalanan lebih dari satu mil di bawah tanah untuk melihat biji yang diekstraksi. Sebagian besar waktu Jonathan Spall  dihabiskan untuk berbicara dengan mereka yang terlibat dalam melindungi nilai kenaikan harga logam.

Oleh karena itu, buku ini sedikit sekali memuat tentang sejarah emas. Sebaliknya, ini lebih tentang bagaimana pedagang profesional beroperasi dan jenis faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan mereka. Ini juga mencakup berbagai pertukaran yang mereka gunakan dan secara umum bagaimana pasar emas bekerja. 

Dalam versi terbaru dari buku ini, Jonathan Spall telah membuang bab-bab tentang penambangan dan pemurnian dan alih-alih lebih berkonsentrasi pada peristiwa di balik reli emas dan apa yang sekali lagi dapat mendorong pasar ke level tertinggi sepanjang masa.

Perjalanan panjang Jonathan Spall dalam bidang emas dan pertambangan serta berbagai jaringannya dapat dilihat dari respeknya pada beberapa individu dan perusahaan besar yang telah terlibat dalam penyusunan bukunya. Beberapa diantaranya Barclays Capital, GFMS, World Gold Council, Virtual Metals, International Monetary Fund, European Central Bank, TOCOM, NYMEX, The Chinese Gold and Silver Exchange Society, the Shanghai Futures Exchange, Dubai Commodity Exchange, dan The London Gold Market Fixing Ltd. 

Buku ini berisi 10 Bab yakni:

Bab 1 Gold at Record Highs 

Bab 2 What Drives the Price of Gold? 

Bab 3 The Offi cial Sector 

Bab 4 Lenders and Borrowers of Gold 

Bab 5 Bullion Banks 

Bab 6 Gold Exchanges 

Bab 7 Exchange-Traded Funds 

Bab 8 Physical Gold 

Bab 9 Gold: Myths and Reality 

Bab 10 Getting Exposure to Gold (ril)


Download Gratis bukunya di SINI