Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Kedinasan 2023 Buka April, ini Cara Daftarnya

Sekolah Kedinasan 2023 Buka April, ini Cara Daftarnya,Sekolah Kedinasan 2023 Segera Dibuka, Ini 8 Link Sekolah Kedinasan yang Wajib Dikunjungi, Link Sekolah Kedinasan 2023 Politeknik Keuangan Negara STAN  Link : https://pknstan.ac.id/ Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)  Link : https://poltekssn.ac.id/ Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)  Link : https://ptb.stin.ac.id/,Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)  Link : https://ptb.stmkg.ac.id/, Politeknik Statistika (STIS)  Link : https://spmb.stis.ac.id/ Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  Link : https://spcp.ipdn.ac.id/ Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim)  Link : https://catar.kemenkumham.go.id/ Sekolah Kedinasan di Bawah Kemenhub  Ada 21 Sekolah Kedinasan di bawah Kemenhub.  Link : https://sipencatar.dephub.go.id/  Pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun lalu dilakukan dengan masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. 11/S.Peng/X/01/2023 syarat cpns 2023 bkn 11/S.Peng/X/01/2023 loker cpns 2023 syarat cpns 2023 lulusan sma, Kementerian Keuangan (STAN) Kementerian Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip dan Poltekim) Kementerian Perhubungan Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) Badan Intelijen Negara (STIN) Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Sekolah Kedinasan 2023 Buka April, Ini Cara Daftarnya bagi Anda yang berminat untuk melanjutkan ke Sekolah Kedinasan yang dikelola oleh kementerian/lembaga pemerintah. Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun 2023 mulai 1 April 2023. Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui situs https://dikdin.bkn.go.id/. Secara resmi total sebanyak 4.672 formasi pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023.

Di Indonesia diketahui ada 8 (delapan) kementerian/lembaga yang dapat menyelenggarakan program pendidikan kedinasan:

  1. Kementerian Keuangan (STAN)
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
  3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip dan Poltekim)
  4. Kementerian Perhubungan
  5. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS)
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  7. Badan Intelijen Negara (STIN)
  8. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Oleh sebab itu, bagi lulusan SMA atau yang sederajat, Sekolah Kedinasan yang di bawah naungan kementerian/lembaga pemerintah ini merupakan salah satu yang banyak diminati selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bagi yang ingin segera mendapatkan pekerjaan (PNS), Sekolah Kedinasan 2023 menjadi pilihan utama. 

Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2021, disebutkan bahwa Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara dengan pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan.

Tidak salah jika sejak dulu Sekolah Kedinasan termasuk perguruan tinggi yang banyak diminati oleh lulusan SMA, utamanya karena di Sekolah Kedinasan, alumninya dapat langsung bekerja di instansi terkait. 

Sebagian besar peserta yang lolos seleksi di Sekolah Kedinasan langsung menjalani ikatan dinas. Hal ini berarti, usai lulus dari Sekolah Kedinasan, dapat langsung bekerja dan menjadi aparatur negeri sipil (ASN).

Sejak tanggal 1 - 30 April 2023, Sekolah Kedinasan kembali membuka pendaftaran bagi lulusan SMA atau yang sederajat untuk kuliah di beberapa Sekolah Kedinasan yang di buka oleh 8 (delapan) kementerian/lembaga yang dapat menyelenggarakan program pendidikan kedinasan.

Lantas, bagaimana cara mendaftar di Sekolah Kedinasan 2023 ini? 

Cara Pendaftaran

Di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Seleksi Penerimaan mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan Pada Kementrian/Lembaga terdapat tahapan yang harus dilalui setiap peserta Sekolah Kedinasan 2023 ini. 

Dapatkan pula segera informasi pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 yang dibuka bulan April 2023 ini di 8 Link Sekolah Kedinasan yang Anda wajib dikunjungi. Jangan lupa juga, Ikuti Tahapannya di dikdin.bkn.go.id.

Secara umum dalam tahapan/alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023:

1. Akses Portal

Palamar mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id

2. Buat Akun

Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.

Sebelum Anda melakukan pendaftaran ke sekolah yang dituju, seluruh peserta diwajibkan untuk membuat sebuah akun akses SSCASN terlebih dahulu.

Silahkan mengisi data terkait NIK dan Nomor Kartu Keluarga / NIK Kartu Keluarga sesuai dengan data KTP / Kartu Keluarga Anda. Jika terdapat permasalahan terkait data (seperti NIK tidak ditemukan / NIK dan KK tidak cocok) harap menghubungi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) di Kabupaten/Kota domisili Anda dan pastikan data sudah tersinkronisasi dengan server DUKCAPIL pusat.

Pendaftaran Akun SSCASN DIKDIN

Langkah 1: Pengecekan Identitas

Nomor Induk Kependudukan (sesuai KTP)

Nomor Kartu Keluarga

Nama Lengkap sesuai KTP

Tanggal Lahir sesuai KTP

Format dd-mm-yyyy

Kab/Kota [Tempat KTP diterbitkan]

Masukkan kode CAPTCHA di atas

Lanjutkan........

3. Login

Setelah membuat akun, silakan Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pendaftaran

Cek baik-baik dokumen yang harus diunggah. Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata.

5. Cek Resume

Setelah suksek, Cek resume dan Cetak kartu pendaftaran.

6. Verifikasi

Setelah selesai, Verifikator instansi akan memverifikasi data dan berkas pelamar.

7. Cek Status Kelulusan

Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi.

8. Pembayaran

Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan

9. Cetak Kartu Ujian

Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem

10. Ujian Seleksi

Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan

11. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN


Catatan: Peserta hanya bisa memilih 1 (satu) Sekolah Kedinasan (red)