Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ajiep Padindang Semangati Generasi Muda Mencintai Budaya

Ajiep padindang semangati generasi muda mencintai budaya, Ajiep Padindang Bangkitkan Semangat Generasi Muda Mencintai Budaya
DR. Ajiep Padindang, SE, MM
PUSTAKAWANMENULIS.COM - Ajiep Padindang Bangkitkan Semangat Generasi Muda Mencintai Budaya.

UUD NRI 1945 Pasal 32 ayat 1 berbunyi: “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.”

Selain itu, adapula UU No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan  lahir dalam rangka pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan agar budaya Indonesia dapat tumbuh tangguh dan PP No. 87 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Hal ini diungkap DR. Ajiep Padindang, SE, MM sebagai salah seorang pemateri dalam pelaksanaan Seminar dan Tour Literasi Objek Pemajuan Kebudayaan yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 September 2023. 

Kegiatan yang dilaksanakan Komunitas Arung Sejarah Sawerigading (Komunitas Sawerigading) ini merupakan bantuan pemerintah melalui Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX.

"Saat ini pemerintah melalui Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) sedang memaksimalkan upaya pemajuan kebudayaan, salah satunya terkait Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang harus disosialiasikan kepada generasi muda. Dalam upaya ini, Komunitas Arung Sejarah Budaya Sawerigading mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan ini melalui pengajuan proposal yang kompetitif (Hibah Bersaing)," ungkap Idwar Anwar, Ketua Komunitas Arung Sejarah Budaya Sawerigading.  

Dalam kesempatan ini, salah satu pemateri, DR. Ajiep Padindang, SE, MM memberikan materi terkait pemajuan kebudayaan dan relevansinya dengan generasi muda. 

Ajiep yang pernah menjadi anggota DPRD Sulawesi Selatan 4 periode ini melihat bahwa Sulawesi Selatan memiliki kekayaan budaya yang perlu dilindungi, dibina, dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik untuk membangun generasi yang tangguh dalam berbagai bidang. 

"Generasi Sulawesi Selatan adalah generasi yang hebat dan tangguh. Terlebih jika mampu menyelami dan mengimplementasikan berbagai nilai-nilai luhur kita miliki," ungkapnya.

Anggota DPD/MPR 2 Periode ini mengungkapkan, masyarakat Sulawesi Selatan memiliki kekayaan khazanah budaya yang beragam dan melimpah, salah satunya terkait pandangan hidup masyarakat, misalnya nilai-nilai dasar yakni Macca (cerdas), Lempu (jujur), Warani (berani), Getteng (tegas,tangguh), Temmappasilaingeng (keadialan), adalah ajaran Budaya Bugis yang menjadi prinsip hidup Orang Sulawesi Selatan, mestinya tetap tumbuh subur hingga dalam tatanan keluarga, masyarakat, dan pemerintah. 

"Masyarakat kita memiliki nilai-nilai dasar yakni Macca (cerdas), Lempu (jujur), Warani (berani), Getteng (tegas,tangguh), Temmappasilaingeng (keadialan), yang merupakan ajaran Budaya Bugis yang menjadi prinsip hidup Orang Sulawesi Selatan, mestinya tetap tumbuh subur hingga dalam tatanan keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Nilai-nilai itu tentu terdapat pula pada masyarakat lainnya yang ada di Sulawesi Selatan, bukan hanya Bugis," ungkapnya.

Lebih dalam, Ajiep menguraikan, "kalaulah antara pemerintah dan masyarakat terjadi interaksi budaya berdasar kearifan lokal Sulawesi Selatan, antara lain: ‘Siri na Pacce’ atau ‘Pesse Sibawa Siri’ maka angka kemiskinan terutama kemiskinan ekstrim, akan dapat diatasi dengan cepat. Siri’ na Pacce’-Pesse’ sebagai ajaran Budaya Bugis Makassar dengan makna harga diri dan kesetiakawanan sosial, semestinya selalu menjadi jiwa, karakter dan perilaku seseorang dalam bertindak pada posisi apapun yang dimilikinya."

Karena itu, Ajiep melihat, bahwa siapapun kita, khususnya genegerasi saat ini harus mengetahui dan menyelami nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendahulu kita melalui berbagai media, baik perilaku, lisan maupun tulisan.

Ajiep menegaskan, pemuda tangguh adalah pemuda yang sehat, cerdas, beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, dan berkarakter kebangsaan. Ketahanan keluarga adalah kemampuan menghadapi dan mengelola masalah dalam situasi sulit agar fungsi keluarga tetap berjalan dengan harmonis, untuk mencapai kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin anggotanya (edo). 

Genersi Muda yang Tangguh akan membentuk ketahanan keluarga, ketahanan masyarakat, sampai ketahanan bangsa dan negara," tegas, Ajiep yang juga anggota DPR/MPR RI 2 periode dan mantan anggota DPRD Sulawesi Selatan 4 periode ini.

****

Jadwal Final Penerimaan CPNS 2023, Menteri PANRB: Cermati Tahapan dan Persyaratannya - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS 2023 Segera Buka September, Cek Syaratnya di sscasn.bkn.go.id - Pustakawan Menulis

PT Pertamina Buka 20 Lowongan Kerja Mulai SMA/SMK dan S1 Semua Jurusan - Pustakawan Menulis

Cek Nama Honorer yang Akan Diangkat Jadi ASN PPPK 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Cek Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS 2023 Bakal Dibuka? Ini Penjelasan MenpanRB, Prioritas Calon dan Persyaratannnya - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023, Peserta Wajib Miliki Akun di sscasn.bkn.go.id, Ini Cara Daftarnya - Pustakawan Menulis

CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Segera Cek di sscasn.bkn.go.id untuk Syarat CPNS 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Ini Syaratnya dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Rekrutmen BUMN Dibuka 11 Mei, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Tata Cara dan Alur Pendaftaran - Pustakawan Menulis

Daftar Posisi untuk Lulusan S1/Diploma IV dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023 - Pustakawan Menulis

****

Bagi yang berminat mendapatkan buku-buku menarik, silakan download GRATIS di SINI.

Ayat-ayat Semesta, Sisi-sisi Al-Qur'an yang Terlupakan - Pustakawan Menulis

Nabi Islam Muhammad, Biografi dan Panduan Bergambar Landasan Moral Peradaban Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Puasa dalam Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Para Khalifah, Menguak Jejak Khalifah yang Mendunia - Pustakawan Menulis

Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarwih, Lailatul Qadar, I'tikaf dan Dzikir Ramadhan

Kitab Ihya’ Ulumiddin, Karya Monumental Imam Al Ghazali (Jilid 1, 2, 3 dan 4) - Pustakawan Menulis

Kerancuan Filsafat, Imam Al Ghazali (Sang Penyembelih Ayam Bertelur EMAS) - Pustakawan Menulis

Ayat-ayat Setan Yahudi, Dokumen Rahasia Yahudi Menaklukkan Dunia dan Menghancurkan Agama - Pustakawan Menulis

Sejarah Kudeta Mekkah, Misteri yang Tak Terkuak - Pustakawan Menulis