Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Prioritas CPNS 2023, Ini Prioritas dan Kuota Terbesar yang Akan Diterima

Formasi Prioritas CPNS 2023, Ini Prioritas dan Kuota Terbesar yang Akan Diterima, Segera Buka Juni Penerimaan CPNS 2023, Cek Syaratnya untuk Lulusan SMA di sscasn.bkn.go.id, Penerimaan CPNS 2023 Segera Buka Juni, Cek Syaratnya untuk Lulusan SMA di sscasn.bkn.go.id, cpns 2023 pendaftaran cpns 2023 pendaftaran cpns 2023 lulusan sma pendaftaran cpns 2023 lulusan smk pendaftaran cpns 2023 dibuka pendaftaran cpns 2023 kejaksaan 2023 pendaftaran cpns 2023 kapan  pendaftaran cpns tahun 2023 penerimaan cpns 2023 penerimaan cpns  penerimaan cpns tahun 2023 penerimaan cpns guru 2023 penerimaan cpns 2023 kapan penerimaan cpns kejaksaan 2023 penerimaan cpns kemham daftar cpns 2023 daftar cpns 2023 lulusan sma daftar cpns 2023 lulusan smk daftar cpns 2023 sma 11/S.Peng/X/01/2023 syarat cpns 2023 bkn 11/S.Peng/X/01/2023 loker cpns 2023 syarat cpns 2023 lulusan sma 11/s.peng/x/01/2023 nomor 11/s.peng/x/01/2023 bkn 11/s.peng/x/01/2023 pendaftaran cpns 2023 cpns 2023 sscasn.bkn.go.id beasiswa bank mandiri 2023

Penerimaan CPNS 2023 menjadi kabar yang paling dinantikan oleh para pencari kerja di Indonesia, khususnya yang baru lulus sekolah atau kuliah. Informasi ini sendiri dirilis oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPAN-RB. Terkait formasi dan prioritas yang akan diterima pemerintah pada Pendaftaran CPNS 2023, salah satunya dapat dilihat dalam Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Fokus Kebijakan Pengadaan ASN

Dalam penerimaan ASN, pemerintan menetapkan arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 yakni: 

Pertama adalah fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan. Fokus tersebut dilakukan juga untuk menyelesaikan masalah tenaga non-ASN secara optimal.

Kedua, adalah kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur. 

Ketiga, yakni merekrut CPNS secara sangat selektif.

Keempat adalah mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. 

Saat ini, ungkap Anas pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital. 

Abdullah Azwar Anas juga menyebutkan bahwa pemerintah juga akan memberikan peluang kepada talenta digital, serta jabatan pelaksana prioritas. Hal ini sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelasnya.

Prioritas Penerimaan ASN 2023

Dalam penjelasannya, Mentari Anas menyebutkan, khusus untuk seleksi CPNS tahun depan, prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu, seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya. 

“Termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah,” terang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini.

Adapun untuk PPPK, tambah Menteri Anas, pemerintah akan memfokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. 

Oleh sebab itu, Menteri Anas meminta agar instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

“Berdasarkan usulan kebutuhan dari kementerian, lembaga, dan pemda akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN,” ungkapnya.

Selain itu, dalam penerimaan CASN 2023 nanti, menurut Menteri Anas bahwa rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, misalnya terkait indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Hal lain yang menarik yakni ada formasi penerimaan CASN untuk wilayah Papua dan Papua Barat serta DOB Papua.

“Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta DOB Papua,” pungkas Menteri Anas.

Penerimaan CPNS 2003 ini akan menerima formasi CPNS 2023 adalah lulusan SMA, SMK, D3, D4, S1 hingga S2 dari berbagai jurusan. Diperkirakan Pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka setelah proses perekrutan PPPK selesai.

Oleh sebab itu, jika mengacu pada rilis yang disampaikan oleh KemenPAN-RB baru-baru ini, secara garis besar formasi yang akan diutamakan adalah tenaga pendidikan dan kesehatan, serta talenta digital. Ketiga formasi ini akan menjadi sasaran utama dalam penerimaan CPNS 2023 sehingga dapat menjadi perhatian dan pertimbangan bagi siapa saja yang ingin ikut serta dalam rekrutmen Penerimaan CPNS 2003 ini.

Dengan adanya tiga prioritas ini, maka rencananya ketiganya akan mendapatkan total kuota yang lebih besar dari formasi lain, sebab kebutuhan akan ketiga formasi ini memang besar. Pada rilis itu juga disebutkan bahwa rekrutmen kali ini akan difokuskan pada pencarian ASN dan PNS saja, sebab formasi yang tersedia memang harus diisi ASN dan PNS, bukan lagi untuk PPPK.

Selain ketiga formasi ini, KemenPAN-RB juga menyatakan bahwa akan ada jumlah yang besar untuk rekrutmen profesi jaksa, hakim, dan dosen. Ketiga profesi ini dianggap krusial dan penting posisinya bagi negara, oleh karena itu harus diperbanyak dengan tenaga ASN dan PNS yang berkualitas. 

Bahkan ada sekitar 1 juta lebih formasi CPNS 2023 yang diusulkan ke Kementerian Keuangan yang saat ini masih menunggu persetujuan.

Demikian informasi mengenai prioritas dan kuota Penerimaan CPNS 2023 yang akan dibuka oleh pemerintah dalam waktu yang tidak lama lagi. Bagi yang ingin mencoba ikut dalam Pendaftaran CPNS 2023, Anda wajib mempersiapkan segera dokumen dan syarat yang diberikan agar dapat mengikuti proses rekrutmennya. 

Selain itu, setiap peminat Pendaftaran CPNS 2023, Peserta Wajib Miliki Akun di sscasn.bkn.go.id, Ini Cara Daftarnya

Dalam penerimaan CPNS 2023 ini, pemerintah juga memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK untuk menjadi CPNS. Beberapa kementerian/badan/lembaga yang membuka formasi bagi lulusan SMA/SMK untuk mengisi beberapa posisi di masing-masing kementerian/badan/lembaga tersebut.

****

Jadwal Final Penerimaan CPNS 2023, Menteri PANRB: Cermati Tahapan dan Persyaratannya - Pustakawan Menulis

Jadwal Final Penerimaan PPPK 2023, Menteri PANRB: Cermati Tahapan dan Persyaratannya - Pustakawan Menulis.

Cek Nama Honorer yang Akan Diangkat Jadi ASN PPPK 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Cek Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS 2023 Bakal Dibuka? Ini Penjelasan MenpanRB, Prioritas Calon dan Persyaratannnya - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023, Peserta Wajib Miliki Akun di sscasn.bkn.go.id, Ini Cara Daftarnya - Pustakawan Menulis

CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Segera Cek di sscasn.bkn.go.id untuk Syarat CPNS 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Ini Syaratnya dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Rekrutmen BUMN Dibuka 11 Mei, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Tata Cara dan Alur Pendaftaran - Pustakawan Menulis

Daftar Posisi untuk Lulusan S1/Diploma IV dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023 - Pustakawan Menulis

Bagi yang berminat mendapatkan buku-buku menarik, silakan download GRATIS di SINI.

Ayat-ayat Semesta, Sisi-sisi Al-Qur'an yang Terlupakan - Pustakawan Menulis

Nabi Islam Muhammad, Biografi dan Panduan Bergambar Landasan Moral Peradaban Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Puasa dalam Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Para Khalifah, Menguak Jejak Khalifah yang Mendunia - Pustakawan Menulis

Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarwih, Lailatul Qadar, I'tikaf dan Dzikir Ramadhan

Kitab Ihya’ Ulumiddin, Karya Monumental Imam Al Ghazali (Jilid 1, 2, 3 dan 4) - Pustakawan Menulis

Kerancuan Filsafat, Imam Al Ghazali (Sang Penyembelih Ayam Bertelur EMAS) - Pustakawan Menulis

Ayat-ayat Setan Yahudi, Dokumen Rahasia Yahudi Menaklukkan Dunia dan Menghancurkan Agama - Pustakawan Menulis

Sejarah Kudeta Mekkah, Misteri yang Tak Terkuak - Pustakawan Menulis